Simple Present Tense

Sesuai dengan namanya “Simple Present Tense”, Simple berarti sederhana, yaitu hanya menggunakan satu kata kerja. Present bermakna “saat ini / sekarang” yang juga mengindikasikan bahwa kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk pertama, sedangkan Tense adalah waktu. Itu berarti, Simple Present Tense adalah jenis kalimat yang memiliki fungsi untuk menyatakan sebuah kegiatan atau fakta yang terjadi pada masa sekarang, dan secara struktural atau penyusunannya, simple present tense hanya menggunakan satu kata kerja.

Contoh: I walk, She walks, They walk, It walks, Aliv walks, Aliv and Rizqy walk.

Rumus Simple Present Tense:
Dari beberapa contoh di atas, seperti I walk, bisa kita tarik kesimpulan bahwa komposisi/rumus kalimat simple present tense adalah:

I   +  walk
S  + V1

Saya tidak menganjurkan untuk menghafalkan rumus tenses untuk mengingat-ingat komposisinya. Jika anda mencoba menghafalkan rumusnya, justru itu akan menambah masalah bagi anda. Jadi, menurut saya, sebaiknya cara belajarnya adalah bukan dimulai dengan menghafal rumusnya, tetapi dengan:

  1. mengingat nama dari tense tersebut, misal Simple Present Tense (lihat paragraph pertama), kemudian:
  2. latihan membuat contoh kalimatnya, baru kemudian:
  3. mencoba menarik/membuat rumusnya.

Dengan langkah diatas, anda tidak akan terjebak dalam penghafalan rumus-rumus tenses yang menurut saya justru dapat menakuti siswa dan menurunkan motivasi belajar bahasa Inggris karena terkesan harus hafalan.

Fungsi/Penggunaan Simple Present Tense:

Simple Present Tense memiliki beberapa fungsi atau kegunaan. Yang perlu berhati-hati atau diperhatikan adalah bahwa beberapa fungsi/penggunaan simple present tense memiliki hanya sedikit perbedaan, maka perhatikan baik-baik penjelasannya. Diantaranya adalah untuk menyatakan:

1. Habit

Habit berarti kebiasaan. Misalkan anda memiliki kebiasaan bahwa anda biasa bangun tidur jam 4 pagi. Bisa dipastikan setiap hari anda bangun jam 4 pagi. Kemarin anda bangun jam 4, hari ini bangun jam 4, dan besok pun anda bangun jam 4 pagi karena itu adalah kebiasaan anda.

Perhatikan gambar berikut:

simplepresenttense_englishlecturer-com

Maka ketika anda ketemu salah seorang teman anda dan anda ingin menyampaikan informasi bahwa anda memiliki kebiasaan jam 4 pagi, maka gunakanlah komposisi kalimat Simple Present Tense.
Contoh 1:

Saya bangun jam 4 pagi setiap hari.   = I wake up at 4 am everyday

atau

Setiap hari saya bangun jam 4 pagi    = Everyday I wake up at 4 am

Contoh lain adalah misalkan ada seseorang yang suka merokok, itu berarti merokok adalah kebiasaan seseorang tersebut. Maka, untuk menyampaikan informasi bahwa merokok adalah kebiasaan laki-laki tersebut, digunakanlah kalimat simple present tense.
Contoh 2:

Dia (laki-laki) merokok.   = He smokes

Note: Perlu diingat bahwa subject jika kata ganti subject/orang ketiga tunggal seperti He, She, It, nama barang atau orang seperti (John, table, dll) diikuti oleh kata kerja pertama, maka kata kerja pertama tersebut harus ditambahi dengan “S”. Pada contoh 2, He adalah subject kalimat tersebut, maka kata kerja smoke harus ditambahi “s” sehingga menjadi smokes.

Penambahan pada kata kerja untuk subject ketiga tunggal tidak hanya menggunakan -s, tetapi juga kadang -es, juga -ies. Baca: Aturan penambahan -s, -es, dan ies.

Saran: Biasakanlah anda untuk mengingat Note di atas karena masalah tersebut, meskipun mudah, sering sekali dilupakan oleh siswa.

2. Fact / General Truth

Informasi berupa Fact / General Truth, yaitu fakta atau kebenaran umum juga disampaikan menggunakan simple present tense. Sebuah fakta, tidak bisa ditolak kebenarannya. Di Indonesia, salah satu fakta yang semua orang tahu adalah bahwa matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat.

Contoh 1:

                    Matahari terbit dari timur       = The sun rises from/in the east

                    Matahari tenggelam di barat = The sun sets in the west

Contoh lainnya adalah Api itu panas. Adakah yang tidak setuju atau menolak fakta bahwa api itu panas? maka, untuk menyampaikan informasi ini perlu menggunakan kalimat simple present tense.

Contoh 2:

Api itu panas   = Fire is hot

Note: Pada kalimat Fire is hot, subjectnya adalah Fire sedangkan kata kerjanya adalah “is”. Perlu diketahui bahwa be atau yang lebih sering dikenal sebagai to be juga merupakan kata kerja.

3. Schedule

Schedule atau jadwal mirip dengan Habit. Misalkan ada sebuah kantor yang menurut jadwal kantor tersebut buka jam 8 pagi. Maka, untuk menyampaikan informasi ini digunakanlah kalimat simple present tense.

Contoh 1:

Toko itu buka jam 7 pagi   = The store opens at 7 am.

Ketiga fungsi / kegunaan di atas merupakan dasar dari penggunaan simple present tense. Silakan mencari contoh-contoh lain dan membuat kalimat anda sendiri.

Simple Present Tense dalam bentuk Positive, Negative, dan Interrogative.

Semua kalimat memiliki tiga bentuk dasar yaitu positif, negatif, dan pertanyaan. Bentuk-bentuk kalimat positif, negatif, dan pertanyaan dari kalimat simple present tense adalah sebagai berikut:

Basic form:

Subject Positive Negative Interrogative
I
you
they
we
Aliv and Rizqy
Students
I do I do not do /
I don’t do
Do I do?
She
He
It
Aliv
a teacher
She does She does not do /
She doesn’t do
Does she do?

Implementation:

Positive Negative Interrogative
I go I do not go /
I don’t go
Do I go?
She writes novel She does not write novel /
She doesn’t write novel
Does she write novel?
They study They do not study /
They don’t study
Do they study?
John draws John does not draw/
John doesn’t draw
Does not John draw? /
Doesn’t John draw?

Perlu diketahui bahwa ada banyak hal yang saling terkait dalam tiap topic pembahasan. Maka dari itu, perlu dipelajari juga topic-topic yang lain untuk mempermudah belajar bahasa Inggris.

Demikian beberapa paparan tentang Simple Present Tense. Jika ada yang salah atau kurangnya, silakan menyampaikan melalui comment box di bawah. Semoga bermanfaat.

2 Responses to Simple Present Tense

  1. martinonthefire

    Saya martin kenapa tulisan ini tdak seperti ini
    Contoh:
    + positif
    Contonya apa
    - negatif
    Contohya apa
    ? Interogatif
    Contohnya Apa
    Kasih nya kalimat nya sama rumusnya dong

  2. martinonthefire

    Saya martin, kenapa tulisan ini tdak seperti ini
    Contoh:
    + positif
    Contonya apa
    - negatif
    Contohya apa
    ? Interogatif
    Contohnya Apa
    Kasih nya kalimat nya sama rumusnya dong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>